Jam Kerja : Senin - Sabtu 08:00 - 17:00

Hujan Terus, Sudah Cek Kondisi Rem Mobil?


21 Desember 2021

Saat musim hujan, penting mengecek kondisi rem kendaraan. Foto: Grandyos Zafna

Jakarta - Akhir-akhir ini hujan kerap melanda. Pengendara dihadapi beberapa tantangan saat jalanan diguyur hujan. Salah satunya adalah soal pengereman.
Saat musim hujan, permukaan jalan cenderung licin dan basah, jarak pengereman kendaraan pastinya akan bertambah dibanding saat permukaan jalan yang kering. Selain kondisi ban, rem juga menjadi unsur yang mempengaruhi jarak pengereman.

Boediarto, General Manager Aftersales Division PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) memberikan beberapa tips untuk mengecek kondisi rem saat musim hujan.

"Setiap komponen yang dilengkapi pada mobil Mitsubishi Motors telah dipersiapkan guna memudahkan dan memastikan pengguna untuk berkendara dengan aman dan nyaman dalam berbagai kondisi. Namun pengguna Mitsubishi Motors tentu harus lebih waspada dan memperhatikan aspek-aspek vital dan juga sikap berkendara termasuk saat memasuki musim hujan," katanya.

Biasanya, setiap perawatan berkala di bengkel resmi akan dilakukan pemeriksaan kondisi sistem rem kendaraan setiap 20.000 km sekali. Pemeriksaan meliputi kuantitas minyak rem, kebocoran minyak rem, ketebalan dan kerataan permukaan piringan cakram, dan ketebalan kampas rem.

Jika kampas rem ditemukan sudah tipis atau habis maka harus segera diganti. Jika masih cukup tebal, maka cukup dibersihkan.

Piringan rem bisa saja mengalami keausan yang tidak rata. Akibatnya ketika mengerem akan berpotensi menimbulkan getaran yang bisa terasa di pedal rem. Kalau sudah begitu harus dicek apakah piringan masih bisa dibubut atau sudah harus diganti.Jika perlu dilakukan pembubutan, sangat disarankan menggunakan alat bubut langsung di kendaraan untuk hasil maksimal.

Selanjutnya adalah memeriksa kondisi dan penggantian minyak rem. Pastikan untuk melakukan pemeriksaan kondisi minyak rem tangki cadangan minyak rem secara rutin seminggu sekali bersama dengan pemeriksaan komponen lainnya. Anda juga sebaiknya mengikuti anjuran penggantian minyak rem setiap 40.000 km dengan minyak rem yang direkomendasikan di dalam Owner Manual ataupun bengkel resmi. Jika sebelum mencapai batas jarak minimal tersebut dan minyak rem sudah habis kemungkinan ada kebocoran yang harus segera diperiksakan.

Pemeriksaan rem ini sebaiknya dilakukan di bengkel resmi guna mendapatkan hasil yang maksimal. Untuk itu, selalu lakukan perawatan berkala di bengkel resmi pada komponen rem ini sebelum terjadinya kerusakan. Perawatan secara rutin tetap lebih baik daripada memperbaiki saat kerusakan terjadi, apalagi untuk peranti rem yang memiliki peran vital ketika berkendara. Pastikan juga suku cadang yang digunakan adalah suku cadang original.

Sumber :

Rangga Rahadiansyah - detikOto
Baca artikel detikoto, "Hujan Terus, Sudah Cek Kondisi Rem Mobil?" selengkapnya https://oto.detik.com/tips-and-tricks-mobil/d-5862563/hujan-terus-sudah-cek-kondisi-rem-mobil.

Download Apps Detikcom Sekarang https://apps.detik.com/detik/



Baca juga
30 Desember 2021
Mobilmu Ringsek karena Kecelakaan? Ini 4 Langkah Klaim Asuransi
Asuransi kendaraan menjadi kebutuhan pemilik mobil. Jika mobil rusak akibat kecelakaan, dengan asuransi maka bisa langsung dilakukan perbaikan. Berikut 4 langkah Klaim Asuransi

28 Desember 2021
Perawatan Mobil Matik Setelah Liburan Natal dan Akhir Tahun, Lihat Tipsnya
Liburan Natal telah berlalu dan bersiap untuk menyambut libur akhir tahun 2021. Perlu menjadi catatan perlu perawatan mobil matik khusus seusai bepergian jauh.

28 Desember 2021
Jangan Salah Kaprah! Ganti Oli Tidak Selalu Bergantung Pada Kilometer
Salah satu komponen yang paling vital di mobil ICE atau internal combustion engine adalah oli mesin. Oli perlu diganti secala berkala agar tetap bekerja secara optimal. Namun ternyata, ganti oli tak selalu bergantung pada kilometer.

28 Desember 2021
Rawat Mobil Nggak Cuma Ganti Oli, Sistem Kelistrikan Wajib Diperhatikan
Merawat mobil tidak hanya soal mesin dan tampilan luarnya yang ciamik, namun juga soal kelistrikan yang ada di dalamnya. Sebab, tanpa adanya listrik mobil tidak bisa dihidupkan.

28 Desember 2021
All New Honda Civic Type R Akan Diperkenalkan Januari 2022
Untuk pertama kalinya di dunia, Honda akan memperkenalkan mobil prototipe All New Honda Civic Type R pada ajang Tokyo Auto Salon (TAS) yang akan diselenggarakan pada 14-16 Januari 2022 di Makuhari Messe, Chiba, Jepang.

20 Desember 2021
Bocoran Inovasi-Layanan yang Tengah Dikembangkan Hyundai, Apa Saja?
Hyundai Motors Indonesia bakal menghadirkan beberapa layanan inovatif yang semakin memanjakan pelanggannya. Layanan ini dinilai menggambarkan visi Hyundai dalam hal pengembangan kendaraan di masa depan.